Rabu, 24 September 2008

Novel Ketika Cinta Bertasbih

. Rabu, 24 September 2008


Oleh : koko_fhu@yahoo.com


Pren , masih ingat Novel dan Film Ayat – Ayat Cinta yang sempat membooming di dunia sastra dan dunia perfilman negri ini . yap , tentu saja masing ingat .
Baru – baru ini Audisi pemeran film Ketika Cinta Bertasbih telah mencapai puncaknya . Kelima bintang utama tersebut ternyata datang dari berbagai daerah dan background yang berbeda . Kelima bintang tersebut adalah : M. Cholidi Asadil Alam [sbg. Azzam] dari PASURUAN; Alice Sofie Norin [sbg. Eliana] dari JAKARTA, Andi Arsyil Rahman Putra [sbg. Furqon] dari MAKASSAR, Oki Setiana Dewi [sbg. Anna] dari BATAM, dan Meyda Sefira [sbg. Husna] dari BANDUNG.

Disini saya tidak akan menjelaskan mengenai ke lima bintang tersebut , tetapi mengenai garis besar dari Novel tersebut .
Membaca Novel KCB1 dan KCB 2 sama seperti ketika kita membaca Novel Ayat – Ayat cinta . Kita akan di bawah kesebuah negeri bernama Mesir . Dinovel ini kita diperkenalkan dengan seorang tokoh utama bernama Azzam . Seorang laki – laki yang berusia 28 tahun yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar .Azzam adalah seorang mahasiswa yang cerdas namun sudah sembilan tahun menempuh pendidikan di Universitas tersebut belum juga mendapat gelar sarjana karena berbagai macam alasan.
Azzam adalah seorang entrepreneur sejati yang berjuang di negeri orang untuk biaya kuliahnya sendiri . Selain itu Azzam juga terbebani tanggung jawab untuk membiayai kuliah adiknya di Indonesia . Keluarga Azzam adalah sebuah keluarga yang taraf perekonomiannya berada pada level rendah . Ayahnya hanyalah seorang penjual tape . Ibunya juga hanyalah seorang Ibu rumah tangga biasa pada umumnya .
Didalam Novel ini dicerita tentang kisah perjuangan Azzam selama menempuh pendidikan di mesir serta kisah cintanya dengan Anna Alta funnisa putri sorang kiai pemilik pondok pesantren Daarul Qur’an . Kisah cinta Azzam sungguh berliku dan susah di tebak alur ceritanya . Disinilah Kang Abik menunjukkan kepiawaiannya dalam bersilat dengan pena . Kang Abik [ Habibburrahman El shirazy ] mampu membuat para pembacanya penasaran dan sulit untuk menebak akhir cerita dari Novelnya tersebut .
Banyak kisah yang mengalun sendu di Novel ini , Tragis , Emosional dan tentunya banyak pelajaran berharga yang dapat kita ambil setelah membaca Novel Tersebut .
Konflik tajam terjadi pada beberapa bagian dari novel ini , diantaranya ketika terjadi kecelakaan dimana Azzam dan Ibunya menjadi korban tabrak lari , mereka terjatuh dari atas sepeda motor karena tertabrak bus yang ugal-ugalan , hingga Azzam harus berbaring di rumah sakit menderita patah tulang dan ibunya berpulang menghadap Alloh SWT.
Alur cerita dan penokohan pada Novel ini sangat kuat , terlihat sekali kang Abik mampu memadukan antara alur cerita yang kuat dengan ilmu fiqih dan ilmu Aqidah serta pergaulan dunia pesantren yang dinamis .
Secara keseluruhan Novel ini menyuguhkan tentang seputar dunia pendidikan Islam di mesir , Enterpreunership , Aqidah pergaulan , semangat yang membaja . Ukhuwah Islamiyah dan lain sebagainya .
Semoga Novel Ketika Cinta Bertasbih ini dapat menjadi jalan bagi kebangkitan ummat untuk kembali mengenal kemuliaan Islam secara kaffah . Amin .
( koko_fhu / lpm_bsi / 2008 )

0 komentar:

 



Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com