Rabu, 24 September 2008

NOVEL & FILM LASKAR PELANGI

. Rabu, 24 September 2008


Oleh : koko_fhu@yahoo.com

Sejak beberapa bulan lalu hingga saat ini buku best Sellers berjudul Laskar Pelangi ramai diperbincangkan para pemerhati sastra Indonesia . Tak luput juga para praktisi pendidikan ikut mengapresiasikan Novel karya Andre Hirata ini . Kata sanjungan tak putus – putus hingga kini dialamatkan kepada Andrea Hirata yang mampu mengispirasi banya orang dengan bukunya . Andrea Hirata sang penulis pun merasa senang dan bangga atas sambutan positif masyarakat tentang Novel Laskar pelanginya .
Di sebuah acara Talk Show berjudul Kick Andy , Andrea Hirata menerangkan bahwa pembuatan buku laskar pelangi yang sekarang menjadi Best Sellers dan dalam proses pembuatan filmnya oleh Mira Lesmana dan Riri reza bukanlah atas motivasi komersial belaka , melainkan sebagai bentuk ucapan terima kasihnya kepada Ibu Muslimah yang telah mengajarnya di SD Muhammadiyah waktu itu tempat para laskar pelangi menuntut ilmu .

Novel dan film laskar pelangi ini mengisahkan tentang penjuangan seorang guru muda bernama Ibu muslimah di sebuah dusun di kota Belitung . Ibu muslimah adalah sosok seorang pengajar yang dengan tulus dan ikhlas mengajar di SD Muhammadiyah demi untuk membaktikan dirinya di dunia pendidikan . Melihat perjuangan Ibu muslimah dalam Novel Laskar Pelangi seolah – olah kita dipaksa untuk melihat dunia pendidikan kita yang terdapat jurang pemisah yang sangat dalam antara si miskin dan si kaya .
Tak hanya Ibu Muslimah yang memiliki semangat , Pasukan laskar pelangi pun memiliki semangat yang tak kalah hebatnya . Laskar pelangi lahir dari semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu meski dibatasi oleh kemiskinan yang sangat membelit kuat . Dalam kesulitan ekonomi yang sangat mencekik itu laskar pelangi adalah contoh dari semangat juang arang – orang yang menghargai dan mencintai ilmu .

Dengan semangat inilah Laskar pelangi banyak menginspirasi banyak orang agar terus berjuang untuk memajukan dunia pendidikan kita serta memberikan keadilan kepada semua anak bangsa ini yang ingin menuntut ilmu .
Satu hal lagi , dalam acara Kick Andi , mira lesmana menambahkan bahwa , semua anggota laskar dalam filmnya diperankan oleh orang asli Belitung meskipun tidak seluruh pemain adalah orang Belitung asli .
Nah , Tunggu apalagi . Segera beli Novelnya ditoko buku terdekat dan nantikan versi layar lebarnya di bioskop terdekat di kota anda . ( koko_fhu / lpm_bsi / 2008 )

2 komentar:

sassie kirana mengatakan...

Haloo.. Maaf baru bisa berkunjung balik..
Salam hangat persahabatan buat temen temen pers mahasiswa indonesia sukses dan terus berkarya ya (^o^)

Arga mengatakan...

Met kenal yah,

NOvel dan Film nya emang bagus . top deh

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com