Rabu, 06 Agustus 2008

Radio Komunitas

. Rabu, 06 Agustus 2008







Radio Komunitas seperti kita ketahui merupakan
media komunikasi elektronik, yang sistem pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat atau suatu komunitas tertentu. Radio Komunitas merupakan media masyarakat yang memiliki tujuan untuk pendidikan dan meningkatan kapasitas dan kualitas SDM masyarakat.
Paket isi siaran radio komunitas bisa diambil banyak hal aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat sekitar atau dialog antar penyiar dan nara sumber dengan pendengar.selain itu cerita humor pun dapat dimunculkan pada siaran radio komunitas.
Singkatnya radio komunitas dapat dijadikan sebagai sarana bagi masyarakat / komunitas tersebut untuk melakukan peningkatan SDM serta mengkomunikasikan pemecahan berbagai masalah yang dialami oleh masyarakat di sekitas radio komunitas tersebut.misalnya radio komunitas sekolah ,tentu yang dibahas mengenai permasalahan – permasalahn yang terjadi di lingkungan sekolah meskipun tidak menutup kemungkinan adanya permasalahan yang didiskusikan nantinya adalah masalah di luar sekolah tersebut, misalnya masalah di lingkungan sekitar sekolah.keamanan lingkungan kampung di tempat sekolah itu di bangun.
Radio pesona Sacenk misalnya,adalah salah satu radio komunitas yang ada di wilayah Jakarta barat yang merupakan radio komunitas sekolah.di sana banyak mengkomunikasikan masalah – masalh yang terjadi si seputar sekolah,meskipun kadang – kadang membahas tema di luar kegiatan sekolah.
Demikianlah sekilas pandangan tentang Radio komunitas yang ada di sekolah.selain di pesona sacenk tentunya masih banyak radio komunitas lain yang bermunculan di negri ini.Semoga dengan banyak bermunculannya radio komunitas dapat memberikan kontribusi positif bagi terciptanya Negara / masyarakat Indonesia yang berkualitas dan berwawasan luas. ( koko_fhu/lpm/bsi/2008)

0 komentar:

 



Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com